Akuisisi RumahDijual.com, PropertyGuru pimpin pasar portal properti di Indonesia

  • Pangsa pasar PropertyGuru di Indonesia sebesar 43 persen, terbesar ketiga setelah Singapura dan Thailand
  • Amankan investasi dari Emtek pada Juni 2015, perusahaan ingin pimpin pasar dalam jangka panjang
Akuisisi RumahDijual.com, PropertyGuru pimpin pasar portal properti di Indonesia

 
To read a different version of this story in English, click here.
 
PROPERTYGURU, sebuah portal asal Singapura mengakuisisi situs properti asal Indonesia, RumahDijual.com pada 3 Desember lalu.
 
RumahDijual.com merupakan portal properti yang didirikan dan dimiliki oleh Yohanes Aristianto sejak 2010.
 
Sejak awal dirikan hingga sekarang, portal milik lulusan pascasarjana Institut Teknologi Bandung ini memiliki lebih dari 100.000 listing properti dengan pengunjung bulanan mencapai 2,5 juta dan kunjungan halaman sebanyak 13,8 juta per bulannya.
 
Berapa nilai akuisisi tersebut? Sayang, Yohannes tak menyebutkan angkanya. Namun, yang pasti aksi akuisisi tersebut mampu membuat PropertyGuru berhasil meraup pasar portal properti di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 43 persen, meninggalkan kompetitornya terdekatnya yang hanya memiliki pangsa 22 persen.
 
Indonesia pun menjadi negara ketiga sebagai pasar terbesar setelah Singapura (91,8 persen), dan Thailand (52,7 persen).
 
Di Indonesia, PropertyGuru bukanlah situs yang asing. Sebelumnya, pada Februari 2011, PropertyGuru mengakuisisi portal perumahan Rumah.com.
 
Setelah akuisisi RumahDijual.com dan digabungkan dengan Rumah.com, PropertyGuru berhasil menarik total 5,5 juta kunjungan pencari properti di Indonesia, dengan portofolio lebih dari 30 juta halaman properti dari kedua portal tersebut.
 
Akuisisi ini menurut pernyataan resmi yang diterima Digital News Asia (DNA), sebagai langkah strategis perusahaan. Pertimbangannya, karena Indonesia adalah pasar terbesar dengan pertumbuhan tercepat di sektor properti dan digital.
 
Akuisisi ini juga membuat perusahaan kini memiliki 500.000 listing properti yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
Selain itu, akuisisi ini juga merupakan tindak lanjut dari investasi yang didapatkan perusahaan pada awal Juni tahun ini sebesar S$175 juta (sekitar Rp1,7 triliun), dengan salah satu investornya adalah konglomerat media asal Indonesia, Emtek Group.
 
Akuisisi RumahDijual.com, PropertyGuru pimpin pasar portal properti di Indonesia“Bersama dengan mitra lokal PropertyGrup di Indonesia, Emtek, perusahaan ingin membawa inovasi terkini dan terbaru bagi pasar Indonesia, agar kami tetap memimpin pasar portal properti,” ujar CEO dan cofounder PropertyGuru Steve Melhuish.
 
Lebih lanjut Steve (gambar) menyebutkan, bahwa investasi dan akuisisi RumahDijual.com, mencerminkan komitmen jangka panjang perusahaan untuk memberikan kuantitas dan keragaman pilihan properti, informasi yang jelas, serta pengalaman pencarian yang lebih baik bagi para pencari properti di Indonesia.
 
Sekadar catatan, keberadaan PropertyGuru di Asia Tenggara hingga 2014 mampu mengumpulkan 31.000 agen berbayar dengan total 11 juta kunjungan per bulannya dan mampu menghasilkan nilai transaksi properti sebesar US$14 miliar (sekitar Rp137,5 triliun) per tahunnya.
 
Artikel Terkait:
 
PropertyGuru gets former jobsDB exec to helm Malaysian ops
 
PropertyGuru: Yesterday Singapore, today SEA, tomorrow…?

Brickz launches: Another property portal, but with a difference

iProperty acquires Thailand’s ThinkOfLiving.com
 
 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di 
TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.
 

 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 

By commenting below, you agree to abide by our ground rules.

Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2018-2019 PDF

Digerati50 2018-2019

Get and download a digital copy of Digerati50 2018-2019