Lazada gandeng Go-Jek selama flash sale

  • Pemesanan barang kebutuhan sehari-hari tumbuh dua kali lebih cepat
  • Pengiriman gratis berlaku selama flash sale untuk area Jabodetabek
Lazada gandeng Go-Jek selama flash sale

KETERTARIKAN pengguna Internet untuk mendapatkan barang promosi dalam waktu terbatas menjadi salah satu andalan bagi Lazada Indonesia.
 
Namun begitu, perusahaan e-commerce yang berkantor pusat di Singapura ini tidak menampik bila mereka masih menemui sejumlah kendala terkait model penjualan ‘cepat terbatas’ atau dikenal dengan sebutan flash sale.
 
Salah satu kendala utama disebut co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm adalah masalah pengiriman barang. Selama program flash sale pihak  Lazada mengalami lonjakan pengiriman barang.
 
Di sisi lain, pemesan tentu menginginkan barang pesanan mereka bisa cepat diterima.
 
Untuk mengantisipasi terjadinya keterlambatan pemesanan selama flash sale, Lazada secara resmi mengumumkan kerja samanya dengan perusahaan transportasi berbasis aplikasi, Go-Jek.
 
Kerja sama yang akan memasuki proses uji coba ini ditargetkan bisa memenuhi pesanan pengiriman dalam hitungan jam.
 
“Selama ini kami memang sudah bekerja sama dengan enam perusahaan ekspedisi, termasuk jasa pengiriman internal kami yakni Lazada Express. Namun, selama flash sale kami kewalahan untuk mengirimkan pesanan tepat waktu,” kata Florian di sela diskusi media di kantor pusat Lazada di Jakarta, 12 April.
 
Konsep flash sale yang secara resmi diperkenalkan Lazada Indonesia pertama kali dilakukan pada 16 September 2014 dengan menjual produk Xiaomi Redmi 1S. Saat itu animo pelanggan yang tinggi membuat 10.000 unit Redmi S1 habis terjual hanya dalam waktu 12 menit.
 
Yang membedakan konsep flash sale kali ini adalah Lazada tidak hanya fokus pada penjualan produk gadget saja, namun lebih pada kategori produk kebutuhan sehari-hari.
 
Menurut studi internal yang dilakukan Lazada, sejak 2012, pertumbuhan untuk pemesanan barang kebutuhan sehari-hari mencapai dua kali lipat lebih cepat dibandingkan produk elektronik.
 
“Ada masing-masing 200 produk dari empat kategori yakni power bank, kotak makan, action camera, dan flash disk yang akan dipromosikan pada flash sale pekan depan.
 
“Pengiriman gratis menggunakan Go-Jek hanya untuk pemesanan yang dilakukan sebelum jam 1 siang dan hanya untuk wilayah Jabodetabek,” tambahnya.
 
Pengiriman cepat jadi target utama tahun ini
 
Florian yakin kerja sama dengan Go-Jek tidak akan mematikan Lazada Express mengingat adanya perbedaan target konsumen yang disasar.
 
“Kerja sama dengan Go-Jek lebih menyasar konsumen yang ingin pesanan produk mereka tiba di hari yang sama, atau hanya beberapa jam setelah pemesanan dilakukan,” imbuhnya.
 
Selain memberikan layanan gratis selama flash sale untuk wilayah Jabodetabek selama empat hari, pengiriman pesanan dalam waktu cepat akan menjadi salah satu fokus utama Lazada dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
 
“Tiap tahun kami terus meningkatkan kecepatan pengiriman barang. Setelah kerja sama dengan Go-Jek, tahun ini kami berencana menggratiskan pengiriman pesanan di 20 kota di luar Jabodetabek, seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali,” pungkasnya.
 
CMO Go-Jek Piotr Jacubowski mengatakan kerja sama dengan Lazada juga tidak akan mengecilkan layanan Go-Mart yang dimiliki Go-Jek. Menurutnya, pengiriman barang dalam waktu cepat menjadi peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan e-commerce.
 
“Layanan Go-Mart mayoritas merupakan produk sehari-hari. Dengan kerja sama ini kami ingin melihat sejauh mana ketertarikan masyarakat pada produk yang dipesan dalam waktu terbatas,” katanya.
 
Baik Piotr maupun Florian mengakui jika kecepatan dan kepuasan pelanggan merupakan kunci utama untuk memenangkan hati konsumen. Hal itulah yang akan menjadi fokus utama kedua perusahaan berbasis teknologi tersebut dalam mempertahankan eksistensinya selama lima tahun ke depan.
 
Artikel Terkait:
 
Kerjasama dengan Telkomsel, Go-Jek buka layanan Go-Pulsa
 
LINE dan Go-Jek berkolaborasi
 
Lazada Malaysia plays the logistics game, and more
 
'Flash Sale' andalan Lazada Indonesia
 
 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di 
TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.
 

 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 
Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2020-2021 PDF

Digerati50 2020-2021

Get and download a digital copy of Digerati50 2020-2021