Telkomsel luncurkan kembali TCash berbasis NFC

  • TSEL gandeng Verifone Mobile Money dan Finnet Indonesia hadirkan inovasi
  • Optimis mampu menaikkan popularitas pembayaran mobile serta dukung GNNT
Telkomsel luncurkan kembali TCash berbasis NFC

OPERATOR jaringan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel memperkenalkan New TCash yang sudah mengadopsi teknologi teknologi Near Field Communication (NFC), pada 15 Oktober lalu. Kali ini Telkomsel menggandeng Verifone Mobile Money dan Finnet Indonesia untuk merevolusi produk keuangan digital itu.
 
TCash memang bukanlah produk baru. Pada 2007, produk ini diluncurkan untuk pertama kalinya. Selama ini,  TCash dikenal sebagai produk keuangan digital yang dikeluarkan Telkomsel dengan fitur pengiriman uang dan pembayaran melalui perangkat mobile.
 
Jika sebelumnya layanan TCash ini bergantung pada teknologi pesan singkat (SMS), maka dengan dengan diluncurkannya New TCash yang mengadopsi  teknologi NFC pengguna bisa melakukan pembayaran dengan lebih mudah.
 
Itu karena  New TCash berbentuk stiker NFC yang dapat menempel di segala jenis ponsel, sehingga tidak hanya pengguna smartphone saja yang bisa memakai New TCash, tetapi juga para pengguna ponsel 'jadul' (feature phone) bisa menikmati inovasi tersebut. Oleh Telkomsel produk barunya ini disebut juga dengan TCash Tap.
 
Teknologi NFC yang tersemat dalam TCash ini memungkinkan para pedagang yang bekerjasama dengan Telkomsel, memasang mesin NFC, sehingga pelanggan atau pembeli tinggal menempelkan perangkat mobilenya saja untuk membayar. Perangkat mobile pelanggan, tentu saja, sudah harus memiliki aplikasi TCash dan terdaftar sebagai pengguna layanan keuangan digital tersebut.
 
Transaksi TCash pun sangat aman karena menggunakan PIN 6 digit. Beberapa merchant ternama yang telah menggunakan layanan TCash di antaranya Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendys, McDonalds, Bakmi GM, 7Eleven, Indomaret dan Cinema XXI.
 
Telkomsel berharap kerjasama dengan Verifone Mobile Money dan Finnet Indonesia  ini dapat memberikan kemudahan bagi 149 juta pelanggan Telkomsel di Indonesia dalam bertransaksi.
 
Selain itu, juga akan menjadi infrastruktur pendukung yang dapat mendorong percepatan penerapan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia sejak Agustus 2014 lalu.  “Wajah baru TCash menunjang gaya hidup digital pelanggan Telkomsel, juga mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun GNNT dan mempercepat inklusi keuangan,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.
 
Lanjut dia, “Pada waktunya kami juga berharap dapat mengembangkan TCash, sebagai layanan keuangan yang lebih luas dari fasilitas pembayaran, melalaui kerjasama dengan bank.”

Bekerjasama dengan Verifone Mobile Money yang merupakan perusahaan patungan antara VeriFone Systems Inc. dan Youtap Limited, Telkomsel yakin TCash akan meraup sukses. Verifone Mobile Money selama ini dikenal sebagai penyedia solusi mobile money yang lengkap dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan operator mobile dalam melakukan transfer uang dan layanan pembayaran berbasis telekomunikasi di pasar-pasar yang sedang berkembang.

Nantinya, Verifone Mobile Money berperan aktif dalam menyediakan solusi yang dapat menghubungkan transaksi antara mesin NFC pedagang dan perangkat mobile pelanggan ke teknologi dompet TCash dengan mulus.

Akan halnya, Finnet Indonesia yang merupakan anak perusahaan Telkom Group, menyediakan konektivitas bagi pelanggan untuk terhubung ke bank-bank nasional di seluruh Indonesia melalui perangkat mobilenya, sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran TCash dengan aman tanpa masalah.
 
“Kerjasama ini memungkinkan pembayaran mobile tanpa sentuh di Indonesia menjadi moda pembayaran utama, terutama jika semakin banyak masyarakat yang menyadari bahwa perangkat mobile yang digunakannya dapat membayar kebutuhan harian,” ujar Chief Executive Verifone Mobil Money, Chris Jones.
 
Di Indonesia transaksi menggunakan uang tunai masih menjadi pilihan bagi sebagian besar warga. Revolusi dalam solusi keuangan digital diharapkan mampu menarik masyarakat untuk beralih ke pembayaran non-tunai. “Sebenarnya permintaan layanan e-money atau uang elektronik sudah mulai meningkat sejak pemerintah menggaungkan GNNT,” ujar Kepala Eksekutif Finnet Indonesia, Niam Dzikri
 
Dengan pengalaman Finnet dalam penyediaan infrastruktur pembayaran elektronik serta solusi dari Verifone Mobile Money, maka kerjasama ini diharapkan mampu untuk menggerakkan Indonesia menuju ekonomi yang cashless atau non-tunai.
 
Telkomsel luncurkan kembali TCash berbasis NFCUntuk menggunakan TCash Tap, pelanggan harus menempel stiker NFC (gambar) yang bisa didapatkan di gerai Grapari Telkomsel ke perangkat mobile milik pelanggan, lalu mendaftarkan nomor ponselnya.
 
Setelahnya, jika pelanggan ingin melakukan pembayaran, dan jika gerai penjualan telah memiliki mesin NFC, pelanggan tinggal menempelkan perangkat mobilenya ke mesin NFC penjual atau disebut ‘tap’.
 
Hingga saat ini, sudah lebih dari 1.000 gerai penjualan di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang dapat menerima transaksi melalui TCash Tap.
 
Telkomsel berharap, ke depannya pemanfaatan teknologi TCash Tap akan meluas hingga ke gerai-gerai penjualan di seluruh Indonesia, serta layanan publik lainnya.
 
“Ke depannya TCash akan dikembangkan untuk layanan seperti transportasi publik, taksi, parkir, serta berbagai layanan finansial lainnya,” tambah Ririek.
 
Artikel Terkait:

Masuki bisnis e-commerce, Telkomsel tawarkan e-Kado
 
Contactless payments: Ecosystem cooperation key to success
 
Disrupt: Gaps in payment ecosystem that entrepreneurs can fill
 
 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.

 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 

By commenting below, you agree to abide by our ground rules.

Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2018-2019 PDF

Digerati50 2018-2019

Get and download a digital copy of Digerati50 2018-2019