Sekarang warga Jogja bisa bayar PBB pakai XL Tunai

  • Hanya perlu memasukkan ID pelanggan dan nominal pajak yang akan dibayar.
  • Layanan XL Tunai untuk bayar PBB berlaku mulai 1 Oktober 2015
Sekarang warga Jogja bisa bayar PBB pakai XL Tunai

DEMI mendukung terwujudnya program kota pintar, PT XL Axiata, Tbk Central Region terus memperluas kerjasama program Xmart City di seluruh wilayah Indonesia.
 
Kali ini, XL menjalin kerjasama dengan pemerintah kota Yogyakarta. Kerjasama tersebut menawarkan solusi kemudahan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui layanan XL Tunai.
 
Penandatanganan kerjasama itu dilakukan oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan vice president XL Central Region Bambang Parikesit. Dengan adanya kerjasama ini, nantinya warga Yogyakarta dapat menggunakan XL Tunai sebagai solusi transaksi non tunai.
 
“Melalui program Xmart City dan Xmart Village yang telah kami laksanakan di sejumlah daerah di Indonesia, XL ingin membantu pemerintah  dan masyarakat setempat untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki melalui teknologi digital. Salah satu implementasinya,yakni pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui XL Tunai,” kata Bambang Parikesit dalam keterangan resminya yang diterima Digital News Asia, Kamis 15 September.
 
Program tersebut diharapkan, dapat memberikan solusi untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak  sekaligus memudahkan masyarakat khususnya di Kotamadya Yogyakarta untuk melakukan pembayaran PBB. Dan, sejak 1 Oktober 2015, layanan ini sudah bisa digunakan.
 
Untuk bertransaksi melalui XL Tunai pelanggan memasukkan nomor ID pelanggan (NOP) kemudian memilih periode pembayaran dan nominal pajak yang akan dibayar melalui *123*120#. Nantinya pelanggan mendapatkan SMS notifikasi sebagai bukti pembayaran dan cetak nota mandiri melalui situs yang dirilis pemerintah kota Jogja.
 
Pada Juli lalu, PT XL Axiata yang merupakan anak perusahaan Axiata Group Berhad ini juga sudah menggandeng pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memanfaatkan potensi daerah melalui teknologi digital. Bedanya, masyarakat di NTB bisa memanfaatkan layanan XL Tunai untuk membayar pajak kendaraan bermotor.
 
Pengguna juga bisa mengakses nomor layanan yang sama lalu memasukkan nomor kendaraan, kemudian akan keluar informasi jumlah pajak yang harus dibayar. Berikutnya, pelanggan akan mendapatkan SMS pemberitahuan dan bisa mencetak bukti pembayaran pajak di loket yang telah disediakan oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).
 
Artikel Terkait:
 
Dorong pertumbuhan ekosistem 4G, XL luncurkan tabungan kuota
 
Jaringan 4G LTE XL resmi sambangi Denpasar dan Surabaya
 
YuBox, layanan Internet terbaru dari XL
 
Indonesia's XL Axiata turns to Ericsson for 4G/ LTE deployment
 
Digi now claims the 'widest 4G LTE network' in Malaysia
 
 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di 
TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.

 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 

By commenting below, you agree to abide by our ground rules.

Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2018-2019 PDF

Digerati50 2018-2019

Get and download a digital copy of Digerati50 2018-2019