Melonjak, trafik data saat malam pergantian tahun

  • Paling tinggi dibanding sms dan panggilan suara
  • Layanan OTT dan sosial media paling banyak diakses 
Melonjak, trafik data saat malam pergantian tahun

 
UPAYA operator untuk memelihara dan meningkatkan kapasitas jaringan dalam mengantisipasi lonjakan akses data di malam pergantian tahun 2016 lalu telah tercapai.
 
Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri dan XL Axiata mencatat adanya kenaikan layanan data dibanding layanan pesan singkat (SMS) dan panggilan suara.
 
Seperti yang telah diprediksi oleh operator, peningkatan terjadi terutama di sejumlah titik keramaian.
 
PT Telekomunikasi Seluler Indonesia Tbk (Telkomsel) mencatat kenaikan trafik layanan data dan SMS mengalami kenaikan paling tinggi secara nasional yakni sebesar 18 persen menjadi 1.970 TeraByte (TB).
 
“Untuk mengatasi lonjakan akses di malam pergantian tahun kami telah menyiagakan 100 ribu BTS dan penambahan 93 Compact mobile BTS (COMBAT) di 665 titik keramaian utama di seluruh Indonesia,” ucap vice president corporate communication Telkomsel, Adita Irawati.
 
Lebih lanjut, ia menyebut lonjakan akses bukan hanya pada layanan data saja akan tetapi pada layanan konvensional yakni pesan singkat (SMS) dan panggilan suara meski tak sebesar trafik data.
 
Layanan SMS meningkat sebesar 1,05 miliar pesan singkat sementara panggilan suara sebesar 1,61 miliar menit.
 
XL Axiata juga mencatat kenaikan layanan data selama pergantian tahun 2016, yakni sebesar  72 persen dibandingkan periode yang sama setahun silam yang sebesar 35 persen. Pada hari normal, trafik data rata-rata mencapai 685 terabyte (TB).
 
Data yang dihimpun XL menunjukkan lonjakan penggunaan data terjadi di sejumlah kota tujuan wisata seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Secara lebih spesifik peningkatan terjadi di sejumlah lokasi wisata seperti Ancol, Monas, TMII, Gunung Kidul, Lembang, Jembatan Suramadu, kebun binatang Surabaya, dan sejumlah pantai di area Ubud.
 
Chief services management officer XL, Yessie D. Yosetya menyebut durasi libur yang cukup panjang juga membuat lonjakan akses data meningkat tajam.
 
“Selama dua pekan libur panjang banyak orang berlibur untuk merayakan Natal dan Tahun Baru ke sejumlah daerah. Mereka kerap memanfaatkan akses internet untuk mendokumentasikan banyak hal selama liburan,” katanya.
 
Hingga memasuki awal 2016, XL mencatat ada 3 juta pengguna yang telah memanfaatkan layanan 4G di seluruh Indonesia.
 
Sementara Indosat Ooredoo juga mencatat adanya lonjakan yang cukup signifikan yakni sebesar 65 persen atau 692TB.
 
“Lonjakan akses data memang menjadi primadona tahun ini, terutama di sejumlah kota besar dan tujuan wisata di mana banyak orang berkumpul untuk merayakan pergantian tahun,” kata division head public relations Indosat Ooredoo, Adrian Prasanto kepada Digital news Asia melalui pesan singkatnya.
 
Ia memastikan tahun ini akses data menjadi primadona, dibanding layanan SMS dan suara yang meskipun mengalami peningkatan namun tidak sebesar akses data.
 
Sosial media jadi primadona
 

Melonjak, trafik data saat malam pergantian tahun

PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) juga mencatat adanya peningkatan trafik data sebesar 70 persen dibanding periode yang sama setahun silam.
 
Menariknya mayoritas pengakses data lebih sering menggunakan layanan Over The Top (OTT) dan sosial media untuk mengirimkan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016.
 
Dari catatan Tri, untuk social media khususnya Facebook dan WhatsApp tercatat meningkat masing-masing sebesar 20 persen dan 30 persen pada malam Natal dan tahun baru.
 
Pengguna aktif Facebook di jaringan Tri mencapai 30 juta setiap bulannya. Untuk hari biasa penggunaan trafik data mencapai 1.200 TB per hari.
 
“Kami telah memprediksi selama natal dan malam pergantian tahun baru sebagian besar pelanggan kami akan menggunakan layanan OTT dan sosial media untuk berkomunikasi dan menyampaikan ucapan selamat.
 
“Trennya sangat berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu yang masih menggunakan SMS,” ujar presiden direktur Tri, Randeep Singh Sekhon.
 
Layaknya operator lain, menjelang pergantian tahun Tri juga melakukan peningkatan kapasitas jaringan di sejumlah kota-kota besar di Jawa dan kota tujuan wisata.
 
Sejumlah lokasi seperti sepanjang jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) jalur selatan dan jalur penghubung ke kota-kota di Pulau Jawa, serta sejumlah fasilitas umum seperti mal, terminal, pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.
 
XL Axiata juga mencatat kecenderungan lonjakan trafik data disebabkan mayoritas pengguna XL mengakses jejaring sosial dan berkirim pesan instan. Selama dua pekan libur natal dan tahun baru, XL mencatat peningkatan akses Facebook dan Path sebesar masing-masing 7 persen dan 11 persen.
 
Seiring dengan ketersediaan layanan LTE di kota kecil dan menengah, XL memastikan penggunaan akses data akan meningkat bahkan di luar waktu libur panjang.
 
Hingga akhir tahun 2015 XL telah menyediakan jaringan 4G di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Madura dan Nusa Tenggara Barat.
 
“Salah satu pertimbangan utama kami memilih kota kecil dan menengah sebagai penyedia 4G karena banyaknya pengguna layanan seluler di kota tersebut.
 
“Memasuki tahun 2016 XL akan memprioritaskan layanan 4G di sejumlah kota besar di Jawa seperti Semarang, Malang serta di luar Jawa seperti Makassar dan Lombok,” kata Yessie.
 
Hingga saat ini teknologi generasi keempat milik XL telah tersedia di sejumlah kota di Sumatera antara lain Batam, Medan, Deli Serdang, Palembang, Banyu Asin, dan Pekanbaru.
 
Sementara di Kalimantan telah tersedia di Banjarmasin dan Banjarbaru.
 
Untuk Sulawesi, hanya tersedia di Manado, sementara untuk Bali dan Nusa Tenggara Barat tersedia Denpasar, Badung, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Utara.
 
Di Jawa Timur, layanan 4G sudah tersedia di Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pacitan dan Madura. Untuk Jawa Barat tersedia di Cirebon, Cimahi, Purwakarta, dan Sumedang. Di Jawa Tengah 4G bisa diakses di Pekalongan, Batang, Banyumas,Tegal, Brebes, Purwokerto, dan Solo.
 
Di kota penyokong Jakarta yakni Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi.
 
Khusus di Jakarta, 4G tersedia di 37 area terutama di pusat keramaian, perdagangan, perkantoran, wisata, dan pemerintahan seperti di sepanjang Jalan MH Thamrin, Sudirman, Gatot Soebroto, Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Pluit, Tanah Abang, Pasar Minggu, Lebak Bulus, Sunter dan Pasar Rebo.
 
Artikel Terkait:
 
Jelang pergantian tahun operator berlomba tingkatkan kapasias layanan
 
Peluang bisnis operator menuju era 4G

Sambut era 4G, Kominfo keluarkan aturan berbagi infrastruktur

 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di 
TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.
 

 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 

By commenting below, you agree to abide by our ground rules.

Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2018-2019 PDF

Digerati50 2018-2019

Get and download a digital copy of Digerati50 2018-2019