Jogja dan XL luncurkan aplikasi layak anak

  • Ditujukan untuk memaksimalkan peran perempuan dalam tumbuh kembang anak
  • Pemerintah menargetkan 136 kampung ramah anak di Jogja
Jogja dan XL luncurkan aplikasi layak anak
 
ISU sensitif mengenai anak dan perempuan merupakan satu dari sekian permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia.
 
Karena itulah, untuk  memaksimalkan peranan wanita dalam mendampingi tumbuh kembang anak, PT XL Axiata, Tbk kembali bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta mewujudkan XMart City melalui pemaksimalan teknologi digital.
 
Selama ini, kota Jogja bukan haya dikenal sebagai kota pelajar, tetapi juga kota yang memiliki kepedulian terhadap wanita dan budaya.
 
Demi mendukung XMart City, selain bekerjasama dengan XL, pemerintah kota Jogja juga menggandeng STMIK AMIKOM Jogja untuk mengembangkan layanan dan aplikasi bertajuk Layak Anak.
 
Sementara seluruh informasi yang ada di website dan aplikasi merupakan hasil kerjasama antara XL, Pemkot, dan PKK Yogyakarta.
 
“Usaha kota Yogyakarta untuk mendapatkan penghargaan sebagai kota Layak Anak sejak 2009 hingga tahun ini telah mendapat apresiasi dari Kementerian‎ Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
 
“Dengan implementasi sarana digital Layak Anak ini, memperkukuhkan predikat Jogja sebagai kota yang ramah untuk ditinggali dan tempat pendidikan anak-anak,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam keterangan resmi yang diterima DNA, Rabu 16 Desember 2015.
 
Ditargetkan, layanan Layak Anak ini bisa menambah 21 kampung ramah anak (KRA) pada akhir 2015.
 
Sebelumnya, di Jogja sudah ada 115 kampung ramah anak. Kampung ramah anak sendiri merupakan program pembangunan pada level RW dengan menyatukan komitmen dan sumberdaya lokal, masyarakat dan dunia usaha yang berada di lingkungan setempat.
 
Tujuannya, yakni menjamin dan memenuhi hak anak, melindungi anak dari tindak kekerasan, eksploitasi, pelecehan dan diskriminasi, serta mendengar pendapat anak, yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan.
 
Layanan yang dikembangkan untuk memudahkan ibu dan anak memperoleh akses informasi ini bisa diakses melalui situs www.layakanak.org dan aplikasi dengan nama yang sama untuk pengguna Android.
 
Pada layanan tersebut terdapat sejumlah fitur, seperti informasi mengenai keberadaan kampung ramah anak, agenda pokok dan rutin menjamin kesehatan anak, statistik layak anak, serta berita seputar layak anak.
 
Pada fitur informasi Kampung Ramah Anak, pengguna bisa mengetahui lokasi keberadaan kampung-kampung ramah anak di Jogja. Dengan begitu masyarakat bisa saling mengenal, bertukar pengetahuan dan pengalaman mengenai anak serta mengembangkan KRA.
 
Sedangkan pada fitur agenda kesehatan anak, pengguna khususnya orang tua anak, bisa mengatur agenda rutin dan pokok yang berkaitan dengan kesehatan anak.
 
Misalnya jadwal berkunjung ke Posyandu, suntik campak, BATITA, dan periksa gigi. Pada fitur informasi berita, pengguna bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai anak dan wanita.
 
STMIK AMIKOM Jogja dan XL telah menyiapkan Layanan dan aplikasi Layak Anak ini  sejak delapan bulan lalu. Dengan adanya layanan ini diharapkan akses informasi mengenai anak dan perempuan  akan lebih baik.
 
Menurut direktur digital services XL Axiata Ongki Kurniawan XL menghadirkan layanan ini sebagai upaya mengatasi permasalahan sosial melalui teknologi digital.
 
“Implementasi program Kota Layak Anak merupakan salah satu layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Sebagai kota yang dikenal ramah wanita, budaya dan pelajar Jogja dirasa siap dalam mengaplikasikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Ongki.
 
Sebelumnya program XL XmartCity Yogyakarta telah mengimplementasikan layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan menggunakan sarana e-money XL Tunai.
 
Selain di Jogja, program kota pintar juga telah direalisasi di Lombok dan Balikpapan dengan tujuan memecahkan berbagai masalah sosial perkotaan seperti urbanisasi, transportasi, dan kesehatan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital.
 
Artikel Terkait:
 
Ericsson sediakan jaringan pendukung 4G LTE untuk 3 operator
 
Dorong pertumbuhan ekosistem 4G, XL luncurkan tabungan kuota
 
Sekarang warga Jogja bisa bayar PBB pakai XL Tunai
 
XL tantang mahasiswa jadi direksi
 
 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di 
TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.
 
 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 

By commenting below, you agree to abide by our ground rules.

Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2018-2019 PDF

Digerati50 2018-2019

Get and download a digital copy of Digerati50 2018-2019