Giliran Yogyakarta disinggahi 4G LTE Telkomsel

  • Yogyakarta jadi kota kesepuluh penyedia layanan 4G LTE Telkomsel
  • Pengguna layanan data di Yogyakarta meningkat 160% di Q3 2015
Giliran Yogyakarta disinggahi 4G LTE Telkomsel

LAYANAN 4G Long Term Evolution (LTE) PT Telekomunikasi Selular Indonesia (Telkomsel) akhirnya singgah juga di Yogyakarta.
 
Dengan beroperasinya secara resmi layanan ini, maka Yogyakarta  menjadi kota kesepuluh yang menyediakan akses data berteknologi  LTE dari Telkomsel. Sebelumnya secara komersial, layanan ini juga sudah diluncurkan di Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, Lombok, Manado, dan Batam.
 
Telkomsel mengklaim  memiliki sekitar 45 ribu pelanggan di Yogyakarta yang telah menggunakan ponsel berbasis 4G. Di samping itu, operator plat merah yang memiliki 149 juta pelanggan ini, mencatat adanya kenaikan penggunaan layanan data sebesar 160% pada kuartal ketiga 2015.
 
Maka tak heran jika kemudian Telkomsel mempercepat masuknya layanan 4G LTE di Yogyakarta.
 
Layanan 4G LTE Telkomsel di Yogyakarta akan beroperasi di frekuensi 1800MHz dengan menggunakan pita selebar 10MHz yang mampu mengakomodir kecepatan hingga 75Mbps. Saat ini Telkomsel memiliki sekitar 55% pelanggan data dari total pelanggan di Yogyakarta.
 
Sejumlah lokasi strategis dan pusat keramaian dipastikan sudah mengakomodir layanan akses data 4G LTE. Diantaranya, kampus UGM, UNY, UIN, UPN, UKDW, sepanjang jalan Malioboro, keraton, bandara, perumahan padat,  cafe, sejumlah jalan protokol dan pusat perbelanjaan.
 
“Hadirnya layanan ini di berbagai lokasi strategis, seperti daerah wisata diharapkan bisa mendukung aktivitas komunikasi wisatawan yang berlibur di Yogyakarta,” papar direktur utama Telkomsel Ririek Adriansyah melalui keterangan resmi yang diterima DNA, 16 November 2015.
 
“Layanan data yang cepat ini akan membantu para wisawatan untuk berbagi momen-momen indah mereka melalui media sosial, baik dalam bentuk foto maupun video dengan lebih lancer.”
 
Selain memberikan layanan 4G, anak perusahaan grup Telkom ini juga memperkenalkan dua aplikasi yang dilombakan dalam Telkomsel NextDev besutan developer asal Yogyakarta.
 
Dua aplikasi yang  untuk mendukung smart city atau kota pintar tersebut, yakni aplikasi HiCo yang berupa sistem untuk mengontrol peralatan listrik atau elektronik melalui ponsel pintar; dan Healink berupa aplikasi mobile pelayanan kesehatan yang fokus pada peningkatan fungsi penyedia jasa kesehatan.
 
Selain itu, ada juga aplikasi Jogja Smart Passenger yang merupakan sebuah city guide yang menggabungkan perkembangan teknologi smartphone dan keberadaan bus Transjogja.
 
Aplikasi ini akan membantu wisatawan dan pengguna kendaraan umum dalam menentukan rute perjalanan, menjelajah, dan menikmati indahnya kota budaya secara realtime melalui ponsel Android.
 
Untuk mendapatkan panduan objek wisata, akomodasi, dan info kuliner, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Destinasia. Fitur multimedia dan audio video streaming akan memberikan pengalaman berbeda dalam menelusuri informasi wisata yang dibutuhkan oleh wisatawan.
 
Mulai hari ini, pelanggan Telkomsel di Yogyakarta bisa menukarkan kartu lama dengan uSIM atau mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) yang berada di Sudirman, Godean, JCM, Lowano dan Loop Station Jogja.
 
Artikel Terkait:
 
Telkomsel 4G/LTE masuk Manado
 
Jaringan 4G LTE XL resmi sambangi Denpasar dan Surabaya
 
Dorong pertumbuhan ekosistem 4G, XL luncurkan tabungan kuota
 
Segmen menengah 'pasar seksi' ponsel Indonesia
 
 
Untuk mengakses lebih banyak berita-berita teknologi serta informasi terkini, silahkan ikuti kami di 
TwitterLinkedIn or sukai laman kami di Facebook.
 

 
Keyword(s) :
 
Author Name :
 

By commenting below, you agree to abide by our ground rules.

Subscribe to SNAP
Download Digerati50 2018-2019 PDF

Digerati50 2018-2019

Get and download a digital copy of Digerati50 2018-2019